Langkah Langkah Membangun Blog Sukses

Sebenarnya saya belum pantas untuk membuat artikel seperti ini mengingat saya juga masih dalam tahap belajar dalam bidang ini. Tapi saya hanya ingin berbagi ilmu yang telah saya dapatkan dari berbagai sumber memgenai Cara membangun blog berkualitas dari awal. Oke, Langsung saja. Baca penjelasan dari saya mengenai cara membangun blog sukses dari nol.

Ada banyak sekali yang harus anda lakukan sebelum membuat blog diantaranya :
1.    Tekad dan niat,
 anda harus memiliki tekad dan niat untuk benar benar membangun sebuah blog yang sukses. Dengan tekad dan niat yang anda miliki anda pasti bisa membangun sebuah blog yang berkualitas, mengapa bisa begitu? Karena semua itu tergantung dari niat.

2.    Waktu
Didalam sebuah blog anda harus rajin mengurusnya, mulai dari menulis artikel, cek jumlah pengunjung, membalas komentar pengunjung dan lain lain. Tentu ini membutuhkan waktu yang tidak singkat jadi jika ingin membuat sebuah blog yang maju anda harus pintar pintar membagi waktu untuk ngeblog dan aktivitas sehari-hari anda.

3.    Skil  Keahlian
Sebenarnya ini tidak terlalu penting mengingat kita dalam membuat sebuah blog dalam proses belajar jadi jika saat membangun sebuah website kita belum bisa, belum tahu, dan belum paham tentang blog anda bisa belajar dan langsung praktik, teknik ini sangat efektif.

4.    Peralatan
Alat alat ini mencangkup alat yang menunjang aktivitas ngeblog anda. Ada banyak sekali alat alat yang wajib anda miliki jika akan berkecimpung didunia blog seperti ini diantaranya :

-    Komputer/laptop, Komputer atau laptop memiliki fungsi yang krusial dengan kata lain ini merupakan alat yang wajib anda miliki, mengingat dalam aktivitas ngeblog anda perlu sebuah komputer untuk bekerja jadi ini merupakan alat paling wajib yang harus dimiliki, jika memang tidak punya karena kendala ekonomi bisa online di warnet tapi jelas ini mengeluarkan banyak uang dan boros.

-    Koneksi internet
Ngblog adalah salah satu aktivitas diinternet jadi anda harus memilik koneksi internet untuk komputer atau laptop anda. Saat ngeblog anda harus memiliki koneksi internet untuk mengakses dan menggunakan browser anda sebelum anda memulai ngeblog. Jadi alat yang bisa dimiliki adalah modem,TP-link atau bisa juga dengan tethring dari Smarthphone anda.

-    Handphone
Handphone berfungsi sebagai alat komunikasi saat anda sedang tidak online di perangkat windows anda, atau fungsi lain yang sering saya manfaatkan adalah untuk menerima kode verifikasi saat melakukan pendaftaran. Handphone juga bisa menjadi tempat anda menyimpan hasil ngeblog yaitu uang, karena memang banyak orang di internet yang tidak  memiliki kartu bank. Jadi mereka memanfaatkan pulsa sebagai alat pembayaran ( mata uang ).

-    ATM
Ini yang sampai saat ini menjadi alat yang wajib dimiliki seorang blogger, gunanya tak lain dan tak bukan adalah untuk mengirim dan menerima uang. Mengirim = saat anda akan membeli, menggunakan jasa, atau aktivitas lain yang membutuhkan uang. Dan Menerima =  menerima pembayaran ( Payout) dari berbagai macam sumber penghasilan blog anda ( Iklan, Jasa, jual produk )

Cara memulai membangun blog yang berkualitas
Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membuat dan membangun blog dengan berkualitas, dalam hal ini banyak blogger pemula yang melakukan kesalahan. Yang seharusnya dilakukan saat memulai membangun blog adalah

-    Mencari informasi dan sumber terpercaya 
misalnya saja membaca artikel tentang ngeblog dari berbagai website besar yang memang membahas tentang teknik blogging seperti cara ririn, blog mas sugeng, atau blogodolar. Yang banyak blogger pemula lakukan adalah terburu buru dalam membuat blog sehingga hasil yang didapat kurang maksimal dibanding dengan belajar dan mencari informasi terlebih dahulu. Anda juga bisa sharing dan komunikasi dengan sesama blogger dengan bergabung di forum forum diskusi yang banyak dibuat dalam bentuk grup facebook. Anda bisa bergabung dengan mereka dengan mencari di facebook dengan kata kunci “ Blogger indonesia “.

-    Jangan Asal Asalan
Anda dilarang untuk asal asalan dalam melakukan aktivitas blogging, anda harus mengikuti  teknik teknik dan prosedur yang ada. Umumnya blogger pemula asal asalan dalam membuat artikel blog, dan salah memilih template. Artikel yang ditulis blogger pemula biasanya tidak memperhatikan apalagi menerapkan teknik paling penting yaitu SEO ( Search Engine Omt) seo memiliki tujuan yaitu supaya artikel yang kita buat bisa menempati peringkat satu di google. Akan saya bahas di artikel selanjutnya, kemudian yang kedua kesalahan yang banyak dilakukan adalah dengan salah memilih template. Google paling suka dengan template yang sederhana dan memiliki waktu loading yang singkat jadi saat ada pengunjung yang datang akan senang. Yang banyak dilakukan blogger pemula seperti saya ini adalah memilih template yang keren, keren itu nomer 2 yang pertama adalah responsive ( fast loading ). Blogger pemula umumnya menggunakan template yang loadingnya lama, template jenis ini paling banyak adalah template hacker.

-    Jangan aneh aneh
Ada banyak blogger pemula yang aneh aneh dengan blog barunya, umumnya karena blog baru jadi pengunjung masih sedikit bahkan tidak ada sehingga menggunakan cara gila yaitu mengundang bot robot untuk mengunjungi blog, Jujur saya waktu itu pernah Jigling blog saya sendiri supaya pageviews tinggi . Yang kedua adalah suka aneh aneh denga widget, umumnya widget yang banyak dipilih seorang newbie adalah widget yang memberatkan loading blog misalnya saja : Teks mengikuti cursor, music di blog, efek bintang jatuh, efek salju, jam, dan masih banyak lagi. Yang seharusnya digunakan adalah widget penunjang blog misalnya saja : author ( Profil Pengarang), related post ( Tampilan Pos acak) ,popular post ( pos paling popular), dan new post (Pos terbaru yang anda tulis).

-    Tools
Bicara soal tools ada banyak sekali tools yang dapat membantu anda dalam melakukan aktifitas blogging, tools dibagi menjadi dua yaitu tools versi free dan pro. Tentu versi pro yang lebih bagus untuk digunakan, tapi yang free bisa anda gunakan jika Belum kuat untuk membeli tools berbayar.

Kegunaan tools bermacam – macam ada yang umum  digunakan adalah  untuk kepentingan seo seperti ( keyword planner, cek serp, riset long tail keyword, submit url ) dan masih banyak lagi fungsi dari tools yang bisa anda gunakan. Tools artinya alat jadi tools adalah alat pendukung aktifitas anda. Dan ada banyak sekali tools gratis yang bisa anda gunakan dalam aktifitas ngeblog.

5.    Konsistensi
Ini yang saya rasa paling sulit, bagaimana tidak sulit saat ngeblog kita harus selalu konsisten untuk menulis artikel dan merawat blog supaya bisa berkembang menjadi blog yang maju. Konsistensi merupakan langkah - langkah awal dalam membangun sebuah blog yang maju dan berkualitas.

Konsisten ini sangat sulit diamalkan terlebih jika kita gampang marah, sedang sibuk, atau mengalami kegagalan saat ngeblog.

Dan itu tadi 5 cara membangun blog yang maju, ada baiknya jika anda belum mengamalkan ke -5 point diatas untuk sesegera mungkin merubah sikap anda supaya bisa membangun sebuah blog yang sukses.

Semoga Bermanfaat  

0 Response to "Langkah Langkah Membangun Blog Sukses"

Post a Comment