Kelebihan Dan Kekurangan Dari Domain TLD

Sebagai seorang blogger tentu ingin tahu kelebihan dan kekurangan dari domain yang akan digunakan baik itu domain berbayar maupun domain gratis untuk menyesuaikan keadaan baik dari segi keuangan maupun dari segi yang lainnya. Domain berbayar maupun gratis tentu ada perbedaan yang cukup
jauh akan tetapi bukan berarti semua kelebihannya ada pada domain berbayar, ada juga kelebihan dari domain gratis akan tetapi lebih sedikit dari pada kelebihan domain berbayar. Ya namanya juga domain berbayar, ya otomatis kelebihannya lebih banyak dari pada domain gratisan. Tujuan mengetahui domain berbayar maupun gratis anda bisa melihat keadaan anda sekarang, apakah anda serius atau tidak dalam membangun blog atau anda membuat blog hanya untuk dijadikan ruang curhat misalnya. Maka lebih baik gunakan domain yang gratisan, jadi anda bisa menyesuaikan diri dengan keadaan dan kebutuhan anda masing-masing, Nah untuk kali ini saya hanya membahas masalah kelebihan dan kekurangan domain berbayar saja, tidak dengan domain gratis. Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari domain berbayar.

Kelebihan dan Kekurangan Domain Berbayar Maupun Gratis

Kelebihan Domain Berbayar
  •  Nama Domain Tidak Panjang, Anda tentu tahu jika anda melihat domain berbayar maka anda tidak akan menemukan tulisan blogspot maupun wordress sebelum .com. Jadi ketika pengujung suka dengan blog anda maka pengunjung tidak kesulita mengingat nama domain anda karena tidak panjang.
  •  Memiliki Kepercayaan Lebih Tinggi, Kepercayaan dari pengujun jelas lebih tinggi kepada blog atau website yang menggunakan domain berbayar kanrena dianggap lebih serius dalam bidangnya. Contohnya saja ketika anda ditawarkan bisnis tentang produk tertentu dan website yang digunakan menggunakan domain gratisan maka anda tidak akan percaya dengan bisnis tersebut.
  • Tidak Ada Resiko Redirect, Kita ketahui baru-baru ini googl melakukan kebijakan baru yaitu blogspot,com redirect otomatis ke blogpsot,co,id. Jika anda menggunakan domain berbayar maka kebijakan  ini tidak berlaku untuk anda (Baca : Resiko Mengganti Template dan Domain Terhadap Blog                    

Kekurangan Domain Berbayar

  • Harus Beli, Untuk mendapatkan domain khusus maka anda harus membelinya dan wajib memperpanjang domain anda setiap tahunnya. Jika anda tidak memperpanjang nama domain anda, maka secara otomatis domain tersebut tidak bisa diakses dan itu berdampak buruk terhadapblog anda.
  • Sulit Bersaing Di Serp Google, Namanya juga domain baru maka tidak terdaftar oleh mesin google. Jadi logikanya, bagaimana mau bersaingjika di google aja tidak terdaftar. Oleh karena itu perlunyamemperbanyak backlink untuk memperkuat setiap postingan anda di serp google.
KELEBIHAN BLOGSPOT DIJADIKAN TOP LEVEL DOMAIN

  •  Blogspot mudah ditemukan mesin pencari google,Blogspot adalah milik google, Domain Authoriry (DA) blogspot adalah 92 ada dibawah wordpress (DA=100), meskipun Domain Authority Blogspot berada dibawah wordpress, namun blogspot adalah anak emas google, tentu saja akan mendapatkan perhatian khusus dimata mesin pencari. terutama search enggine google. dan memang banyak terbukti, coba kita amati hasil pencarian google yang kita dapatkan, untuk level blog, kebanyakan hasil pencarian didomonasi oleh blogspot jika dibandingkan dengan blog lainnya. 
  • Biaya tidak terlalu mahal untuk menjadi top level domain, Untuk menjadikan blogspot yang awalnya blog gratisan menjadi blog dengan domain sendiri cukup hanya menyediakan domainnya saja tanpa harus membeli hosting secara pribadi, konsep blogspot menjadi top level domain adalah dengan cara meredirect alamat blog yang terdapat pada blogspot menuju alamat top level domain sesuai dengan yang kita arahkan. karena file hosting blogspot atau file hosting blogspot tersebut tetaplah di hosting oleh google tidak bisa kita pindahakan, google sendiri tidak menyajikan fasilitas untuk file blogspot yang bisa kita hosting secara pribadi,oleh karena itu kita hanya perlu menyediakan domainnya saja dengan begitu biaaya yang bisa kita keluarkan bisa kita tekan dan tidak akan terlalu besar. 
  •  Mudah Memodifikasi Domain, Ketika blogspot berpindah menjadi top level domain, kapanpun kita diberi keleluasaan untuk membatalkan atau menggantinya dengan nama top level domain lainnya yang kita miliki dengan mudah, karena fasilitasnya tersedia untuk hal tersebut.

KEKURANGAN BLOGSPOT  DOMAIN

 Disamping kelebihan yang dimiliki blogspot ketika dijadikan top level domain, blogspot juga memiliki baberapa kelemahan yang bisa kita pertimbangkan ketika membuat top level domain untuk blogspot. berikut
beberapa kelemahan blogspot untuk kita ganti menjadi top level domain:

  • Ketergantungan pada Google, Meskipun blog berflatform blogspot bisa kita ganti menjadi top level domain sesuai dengan yang kita inginkan, tetap saja fale hosting blogspot ada diphak google, kita tidak bisa secara leluasa memindahkan file hosting blogspot tersebut ke file hosting pribadi milik kita, itu dikarenakan google sampai saat ini belum memberikan akses terhadap file blogspot untuk kita gunakan secara mandiri, dn sampai saat ini fasilitas yang disajikan blogspot untuk ganti domain adalah fasilitas redirect saja.
  •  Masih Memiliki Resiko Terkena google Sandbox, Karena file hosting blogspot masih ada di sisi google, itu berarti membatasi kita untuk tidak seenaknya melakukan pelanggaran-pelanggaran yang tidak sesuai dengan kebijakan google, jika tidak maka resiko banned pada blog atau situs kita masih besar, meskipun blogspot sudah berganti domain resiko di banned tetap masih ada, beberapa kasus pernah terjadi blog berflatform blogspot dengan top level domain dibanned karena tidak sesuai dengan kebijakan google. Mungkin pertimbangan ini banyak digunakan oleh orang luar negeri dengan tidak memakai blogspot sebagai top level domain, mereka kebanyakan memilih wordpress untuk dijadikan blog self hosting, karena mungkin blogspot masih memiliki resiko dibanned tanpa toleransi.

 Demikian Dari Kekurangan Dari Domain TLD,Dengan Domain Blogspot

Semoga Bermanfaat

0 Response to "Kelebihan Dan Kekurangan Dari Domain TLD"

Post a Comment