Cara Cepat Mendapatkan Backlink

Seroang Blogger Pasti Menghetaui Backlink, Dan Itu Sudah Hal Biasa Yang Sering Di Lakukan,
Mengapa Kita Perlu Backlink? 
Ketika membuat sebuah website, biasanya seorang CEO terlalu fokus pada optimalisasi keyword dan berbagai cara seo(search engine optimization) lainnya dan biasanya mereka mengabaikan pentingnya backlink.
Beberapa pakar industry memperkirakan backlink berkontribusi 80 persen atas peningkatan rangking sebuah website pada search engine. Jadi, backlink sangat berpotensi meningkatkan rangking situs kita.


 Apa itu BACKLINK, dan Apa manfaatnya?
Kata Backlink sebenarnya dibentuk dalam dua kata, yaitu "BACK" dan "LINK", arti dari 2 kata itu berasal dari bahasa inggirs, jika digabungkan akan menjadi "BACKLINK"
BACK arti dalam bahasa inggrisnya adalah kembali/balik.
LINK arti dalam bahasa inggrisnya adalah alamat suatu web.
Jadi Backlink itu adalah Link kembali atau Link balik dari suatu web yang menuju ke website/blog anda.
Intinya, backlink ini dikatakan baik untuk SEO (mengoptimasi search engine) karena backlink pada dasarnya suatu signal penting yang mengarah dari web lain ke web anda, karena web lain itulah yang membuat website anda teroptimasi, dan lebih kuat bersaing di Google. Signal yang diberi oleh web lain itu menandakan bahwa blog atau website anda layak untuk dibaca, maupun dikunjungi oleh pengguna internet yang sedang mencari informasi.
Jangan pahami apa arti Backlink saja, namun pahami juga manfaat Backlink bagi blog anda. Berikut manfaat-manfaatnya :
  • Dapat meningkatkan posisi website anda di Searh Engine (Google, Yahoo, Bing, dll)
  • Dapat meningkatkan traffic/pengunjung website anda.
  • Meningkatkan Otoritas web anda
  • Dan lain sebagainya
Backlink yang terbukti membantu website anda agar lebih SEO lagi adalah Backlink yang mempunyai kualitas tinggi (Backlink Berkualitas). Apa contoh Backlink yang Berkualitas?
  •  Backlink yang rendah Outbound Linknya (Link keluar)
  •  Backlink sudah authority.
  •  One Way Link (Backlink satu arah yang menuju website anda, tanpa ada respond dari anda sendiri untuk menanam link (backlink) ke web yang memberi anda backlink)

Bagaimana mulai membangun backlink pada situs kita?
Jika kita membuat konten yang menarik, itu mungkin akan menarik link untuk ke situs kita. Tetapi hanya dengan cara tersebut, sangat sulit untuk bersaing di mesin pencari. Kita harus lebih proaktif untuk membangun backlink.
Ingat beberapa kriteria dalam membangun backlink dibawah ini:
  1. Backlink harus datang dari website yang bersangkutan dengan website kita dan harus berkualitas
  2. Mereka tidak boleh dibayar karena apabila dibayar maka itu merupakan strategi black hat yang akan bernilai buruk dalam penghitungan ranking.
  3. Backlink harus dibangun dengan perlahan – lahan. Jika kita membuatnya terlalu cepat, kita akan terlihat memanipulasi rangking dan akan diberikan penalti oleh mesin pencari.
Untuk menemukan situs yang berpotensi menjadi backlink, pertama lihat website yang berhubungan dengan situs competitor kita. Kita dapat melihat url competitor kita dengan Majestic SEO atau Open Site Explorer. Setelah menemukan situs yang memberikan link back kepada kompetitor kita, temukan bagaimana caranya agar situs tersebut mau memberikan linkback kepada kita juga.

Cara Mendapatkan Backlink...

1.Rel nofollow dan dofollow
Banyak blogger/webmaster yang menganggap bahwa tautan yang bersifat nofollow sudah tidak berlaku lagi atau sudah mati faedahnya untuk mendongkrak peringkat di hasil penelusuran. Faktanya, ternyata tautan nofollow dapat membantu menyeimbangkan dengan tautan dofollow.

Lebih baik sebelum lebih jauh lagi, kita kenali dulu apa itu nofollow dan apa itu dofollow. Nofollow adalah tautan yang tidak akan masuk ke dalam indeks mesin pencari. Namun hal tersebut bukan berarti mesin pencari tidak bisa merayapinya, mesin pencari dapat meng-crawl tautan nofollow tetapi tidak ditayangkan pada hasil penelusurannya.

Sedangkan dofollow adalah tautan yang akan dirayapi oleh mesin pencari sekaligus ditayangkan pada hasil penelusurannya, dan kalau backlink-nya bagus dapat memberi poin plus terhadap situs Anda.

Menurut pakar SEO, tautan nofollow tetaplah dibutuhkan untuk memberi keseimbangan agar Google tidak mencurigai situs Anda. Jelas saja, mana mungkin ada situs yang memiliki backlink ribuan dan isinya dofollow semua? Pastinya Google akan curiga bukan?

Minimal setidaknya situs Anda memiliki persentase 10% backlink nofollow.

  
 2.Tukaran link dengan situs lain
Ada yang menganggap bahwa cara ini merupakan cara spam dan dapat berakibat buruk. Tapi kalau menurut saya, bila kita menaruhnya pada halaman inner (artikel) itu masih berkualitas. Tukarlah link Anda dengan situs yang se-niche, jangan lupa tetap perhatikan bahwa situs tersebut memiliki 'prestasi' yang bagus.

Untuk melakukan teknik ini, carilah niche situs web/ blog Anda di pencarian Google, lalu klik satu sampai sepuluh situs web atau blog yang ada di halaman pertama. Lalu ajak pemiliknya untuk tukaran link dengan situs Anda. Bila tidak ada yang minat, Anda bisa mencarinya di situs media sosial seperti Facebook. 
Akan tetapi perlu diingat, dalam hal menukar link pastikan hanya pada bagian artikel saja. Jangan pada bagian sidebar, footer, header, atau apapun karena dapat membuat situs Anda merosot dari halaman pencarian Google. Jadi intinya sesama review blog.

3.Komentar URL
 Komentar URL blog kita ke situs web dofollow dapat membantu peningkatan jumlah backlink. Walau efeknya kurang memang, tapi lumayan jika kita rutin. Ingat, komentar hanya di situs web yang benar-benar berkualitas. Untuk mengetahui kualitas situs web, Anda bisa lihat faktor utama backlink berkualitas di atas.

Cara komentar? Tinggal sisipkan tautan situs web Anda, bisa homepage bisa juga ke artikel. Buatlah kata-kata yang singkat terlebih dahulu, jangan hanya tautan saja yang dikeluarkan, karena nanti bisa dianggap spam. Lakukan ini dengan rutin dan lihat perkembangan situs Anda.


4.Menggunakan jasa SEO
Memang kebanyakan yang mengaku sebagai “jasa SEO” hanya menjual backlink.
Parahnya backlink ini kualitasnya buruk dan didapatkan dengan spam.
Ini faktanya:
Semua penjual backlink sadar bahwa link mereka berpotensi membawa resiko penalty. Tapi mereka tidak akan memberitahu resikonya pada anda karena akan menurunkan penjualan mereka.
Jadi hati-hati dengan jasa backlink yang memberikan banyak backlink sekaligus secara tidak natural.
Tapi ada juga jasa SEO yang serius…
Jasa SEO ini biasanya tidak menjual puluhan, ratusan, atau ribuan backlink melainkan optimasi menyeluruh mulai dari marketing dan publikasi secara online, pembuatan konten, serta optimasi struktur halaman.
Dengan kata lain, jangan mencari jasa SEO Mereka tidak memberikan anda backlink, tapi membuat website anda siap menerima backlink. Bahkan lebih dari itu (karena termasuk pemasaran).
  
5.Sosial bookmark
ide awal situs social bookmarking adalah agar memudahkan user untuk menyimpan URL atau link dari situs yang mereka sukai agar mudah di cari ketika ingin membuka kembali. Pada perkembangannya, situs social bookmarking banyak sekali digunakan oleh pelaku SEO untuk membantu mempopulerkan sebuah halaman website di Search Engine. Backlink dari social bookmark cukup berpengaruh terutama social bookmark yang memiliki page rank tinggi dan bersifat dofollow, jadi anda bisa memasukan url artikel anda di social- social bookmark terbaik.

6.Menjadi Guest Blogger
 Menjadi guest blogger di sebuah blog yang sudah populer adalah salah satu cara yang sangat ampuh untuk membuat blog Anda juga ikut populer. Anda bisa menjadi penulis di blog orang lain tentunya atas ijin si pemilik blog lalu Anda memposting artikel yang baik dan sesuai dengan topik yang ada di blog tersebut. Pada bagian biografi penulis Anda bisa memeperkenalkan diri dan juga memasang backlink menuju blog Anda, cara ini memiliki keuntungan sekaligus yaitu backlink dan visitor. tapi sekarang ini sangat sulit mencari blog yang menyediakan guest blogger.

 7. melalui Blogwalking
Blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog-blog lain lalu meninggalkan komentar dan kita bisa meninggalkan URL website kita dihalaman komentar tersebut. Ada 2 keuntungan dari kegiatan blogwalking, yang pertama adalah kita mendapatkan backlink, dan yang kedua adalah kunjungan langsung dari pemilik blog dan juga orang lain yang berkomentar di blog tersebut.
Yang sangat penting kita ingat adalah memberikan komentar yang baik dan tidak asal-asalan agar tidak dianggap spam oleh pemilik blog. Sebelum meninggalkan komentar sebaiknya baca artikel di blog tersebut, lalu berikan komentar yang memang berhubungan dengan artikel tersebut. Jangan memberikan komentar yang asal, seperti “Artikelnya bagus, thanks ya”, “pertamax gan”, “Waw baru tau nih”, dan komentar-komentar lain yang terlalu singkat. Kata Tersebut Di Anggap Spa Oleh Pemilik Blog Mengapa?
Karena Kata Tersebut Kata Yang Sangat Pendek Dan Sangat TidakBaik, Hanya Menggunakan Kata Tersebut. Baca Selengkapnya 

8.One way Link
 Dalam bahasa indonesia dapat di artikan Link satu arah, Mengapa meski satu arah? Sebenarnya google membenci sistem tukar link yang bersifat Two way Link atau dua arah, untuk memperoleh One way Link yang berkualitas anda bisa membeli di penyedia jasa backlink murah atau dengan meninggalkan komentar serta membuat backlink ke blog dari blog dummy bisa juga menggunakan sosial bookmarking.
  
9.Backlink dari blog dofollow yang relevan
 Anda bisa mendapatkan backlink dengan cara Meninggalkan komentar yang disertai link baik di bagian identitas menggunakan (name/url) maupun dengan link aktif dikomentar, anda bisa mengisi kotak url dengan url blog sesuai dengan niche atau kategori blog Anda. perlu diingat, cara yang satu ini jangan terlalu banyak digunakan, agar tidak dianggap sebagai spam,Di Blog Ini Tersedia Name/url


10.Backlink Melalui situs Press Release
 Backlinks dari situs-situs press release adalah backlinks yang berkualitas, selain itu press release sangat berpotensi memberikan trafik pada web atau blog Anda. Kalau saya perhatikan di Indonesia belum begitu populer dalam menggunakan press release untuk promosi website dan untuk kegiatan membangun backlinks, biasanya hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar. Berbeda dengan di luar negeri, situs-situs press release ini sangat sering digunakan untuk kegiatan promosi dan membangun backlinks website, baik itu untuk perusahaan kecil, menengah, dan perusahaan besar.

11. Sediakan konten yang berkualitas sebagai pondasi
Semua praktisi SEO pasti sepakat, mustahil bisa mendapatkan backlink berkualitas tanpa memiliki konten yang berkualitas.
Balik lagi ke konsepnya:
Backlink itu rekomendasi.
Logikanya, tidak akan ada orang yang mau merekomendasikan konten yang tidak bagus. Ya iyalah, ngapain juga share konten yang jelek. Ya kan?
Tidak hanya itu…
Google bisa menilai apakah konten anda berkualitas atau tidak.
Ya, meskipun Google cuma mesin.
Menilai kualitas konten itu mudah. Misalnya, salah satu ciri-ciri konten yang tidak berkualitas: tidak dibaca lama-lama oleh pengunjung.
Lihat saja sendiri di Google, mustahil ada artikel yang tidak berkualitas di halaman 1 (kecuali kalau memang semuanya tidak berkualitas)
Itu sebabnya konten merupakan pondasi dari link building.
 Secara singkat, ciri-cirinya seperti ini:
  1. Isinya jauh lebih baik daripada konten lain yang sejenis
  2. Topiknya diminati oleh kalangan tertentu yang antusias
  3. Menyelesaikan tuntas masalah yang dihadapi banyak orang
  4. Disajikan dengan menarik sehingga mudah dinikmati


 Jumlah backlink
Walau backlink sangat diperlukan, tetap ada aturan pemakaiannya, contohnya seperti jumlah backlink ini. Jumlah backlink yang terlalu banyak dalam kadar waktu yang singkat dapat menyebabkan situs Anda dianggap spam oleh Google. Google dapat mendeteksi hal tersebut dan apabila optimasi yang dilakukan berlebihan, Anda akan dimasukkan ke dalam 'PENJARA' milik Google.

Menurut beberapa praktisi SEO, backlink ditanamkan per hari dengan takaran secukupnya saja. Misal, sehari menanamkan 1-5 backlink maka situs Anda masih dikatakan normal oleh Google.

Bagaimana cara mengecek backlink? Anda bisa cek di Google Webmaster: Links to Your Site. Caranya masukkan situs Anda ke kolom yang disediakan, lalu klik tombol SEARCH LINKS. Maka nanti akan tampak jumlah backlink pada situs Anda.

Tools lain untuk mengecek backlink adalah: BacklinkWatch.com, MonitorBacklinks.com, Ahrefs.com, dan lain-lain.

Dari Hal Diatas Semoga Anda Bisa Mencari Lagi Backlink Yang Sangat Berkualitas
Dan Ahkir Dari Backlink ini Semoga Bermanfaat

0 Response to "Cara Cepat Mendapatkan Backlink"

Post a Comment